Menyebut nama Bali, orang kerap mengidentikkannya dengan tempat berlibur yang eksotis. Tak salah memang, karena Pulau Dewata ini sudah sejak lama tersohor dengan keindahan alamnya.

Bukan hanya turis domestik, berbagai tempat wisata di Bali juga menjadi incaran para pelancong mancanegara.

Destinasi wisata yang ada di Bali nyaris tak terhitung. Jika berencana berlibur ke pulau ini, Anda sebaiknya mencari informasi mengenai objek wisata yang ada.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Bali yang paling recommended agar Anda bisa memanfaatkan waktu liburan dengan efektif.

Pantai Kuta

Berlibur ke Bali belum “sah” kalau belum menjejakkan kaki di Pantai Kuta yang merupakan jantung pariwisata Pulau Bali. Terlebih lagi, pantai yang termasuk wilayah Kabupaten Badung ini terletak tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai maupun dari Kota Denpasar sehingga sangat mudah diakses.

Tak hanya menikmati indahnya panorama pantai, Anda juga bisa bermain air dan pasir, surfing, bermain jet ski atau voli, serta mengabadikan momen sunset. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke area pantai dan hanya dikenakan biaya parkir Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Pantai Sanur

Pantai ini juga tak kalah tenar karena pemandangannya sangat elok. Hanya 30 menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai, Anda sudah bisa menikmati birunya Pantai Sanur yang terletak di sebelah timur Kota Denpasar. Ombaknya yang tenang sangat cocok untuk snorkeling atau scuba diving.

Pantai Sanur juga menjadi tempat wisata favorit para pemburu sunrise sehingga sering disebut juga Pantai Matahari Terbit. Untuk menikmati keindahan pantai, Anda hanya perlu membayar tiket parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Tanah Lot

Ingin menikmati pemandangan tak biasa? Datanglah ke Tanah Lot yang terletak di Kabupaten Tabanan. Di sini, Anda akan menyaksikan pemandangan unik nan eksotis berupa pura yang terletak di atas batu karang besar di tepi laut. Saat pasang, air laut akan menggenangi batu karang penyangga pura.

Di bawah tebing, terdapat sebuah gua dan di sini, Anda bisa menjumpai ular jinak yang diyakini sebagai jelmaan selendang Dang Hyang Niratha yang menjaga pura. Anda bisa datang ke tempat wisata ini mulai pukul 07.00–19.00 WITA dengan harga tiket masuk Rp10.000,00 per orang dan parkir mobil Rp5.000,00.

Pantai Nusa Dua

Terletak di Kabupaten Badung dan berjarak 15 km dari Bandara Ngurah Rai, Pantai Nusa Dua menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Bali yang mendunia. Hamparan pasir putih dan birunya laut makin memesona karena kebersihannya sangat terjaga, bahkan dinobatkan sebagai pantai terbersih di Bali.

Menghabiskan waktu libur bersama keluarga di kawasan Nusa Dua adalah pilihan tepat. Ombaknya tenang dengan perairan yang dangkal sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang. Hotel, cottage, dan resort yang bertebaran di sepanjang garis pantai siap menemani Anda menikmati malam di Bali.

Pantai Lovina

Pantai ini terletak di bagian utara Pulau Bali dan jaraknya cukup jauh dari Bandara Ngurah Rai, yaitu 94 km atau sekitar 3 jam berkendara. Untuk itu, Anda disarankan menyewa sopir atau jasa tour guide. Namun, jarak yang jauh akan terbayar dengan pesona pantai yang menakjubkan.

Di Pantai Lovina, Anda bisa puas menyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut. Anda juga bisa menyewa kapal khusus berkapasitas empat orang dengan tarif Rp500 ribu selama 2 jam.

Untuk menyaksikan lumba-lumba, wisatawan dikenakan tarif Rp50.000,00 (anak-anak) dan Rp100.000,00 (dewasa).

Pantai Uluwatu

Di kalangan peselancar, Pantai Uluwatu dikenal sebagai permata tersembunyi, tempat memuaskan hasrat untuk menaklukkan ombak. Pantai ini terletak di bawah tebing dengan ombak yang kuat dan sunset yang menakjubkan. Di atasnya, berdiri Pura Uluwatu yang terlihat anggun dan magis.

Untuk mencapai pantai di Desa Pecatu, Kabupaten Badung ini, Anda harus menuruni anak tangga yang kecil dan curam.

Namun, Anda tidak akan menyesal karena pantai ini menyuguhkan pemandangan indah yang tak terlupakan. Tak salah jika para wisatawan Australia memberi julukan blue point pada pantai ini.

Pantai Canggu

Pasir hitam dan ombak yang menantang membuat Pantai Canggu menjadi destinasi wisata nomor satu bagi para peselancar domestik maupun mancanegara. Namun, bagi Anda yang tidak bisa berselancar pun, pantai ini tetap recommended karena pemandangannya tak kalah indah dari pantai lainnya.

Di pantai yang terletak di Kabupaten Badung ini, anak-anak bisa bermain pasir, berenang, atau bergembira di wahana permainan dan edukasi. Jika beruntung, Anda juga bisa menjumpai dan memberi makan burung-burung yang berkeliaran di tepi pantai yang juga terletak di Kabupaten Badung ini.

Ubud

Jika ingin mengenal lebih dalam tentang budaya asli Bali, datanglah ke Ubud. Desa ini terletak 40 km dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan mobil. Jiwa dan raga akan kembali segar memandang hamparan sawah dan lereng bukit yang menghijau serta sungai yang mengalir jernih.

Berwisata ke Ubud adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin berhemat karena bisa menikmati banyak objek wisata sekaligus. Ada spot wisata alam bebas seperti Campuhan Ridge Walk, koloni bangau Desa Petulu, desa adat Nyuh Kuning, dan sudah pasti teras sawah Tegalalang yang terkenal itu.

Selain itu, ada juga tempat wisata religi seperti Puri Saren dan Pura Taman Saraswati dan wisata seni berupa pertunjukan Tari Kecak dan Tari Legong Mahabharata. Jangan lupa, mampirlah ke wana wisata Monkey Forest, Pasar Seni Ubud, dan galeri tekstil.

Kintamani

Siapa bilang di Bali tak bisa menikmati hawa sejuk? Pergilah ke Kintamani, sebuah tempat wisata di Bali berupa kawasan yang terletak di dataran tinggi dengan suhu rata-rata 20 derajat celsius. Kawasan ini menawarkan hamparan pemandangan indah pegunungan dan danau.

Tempat wisata Kintamani termasuk dalam wilayah Kabupaten Bangli, sekitar 80 km dari Bandara Ngurah Rai. Jika berangkat dari Kota Denpasar, Anda membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor untuk sampai di tempat ini.

Beberapa spot wisata yang bisa dinikmati di kawasan Kintamani. Beberapa di antaranya adalah Jalan Penelokan tempat Anda menikmati view pegunungan, Danau Batur, Gunung Batur, dan Pemandian Air Panas Toya, dan tentu saja tempat pemakaman Desa Trunyan yang tersohor.

Desa Penglipuran

Meski berstatus desa, rugi besar jika Anda tak menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini. Bagaimana tidak, Desa Penglipuran menyandang banyak predikat: desa adat, desa wisata, bahkan desa terbaik dan terbersih di dunia! Berkunjung ke desa ini sungguh akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Desa ini terletak di Kabupaten Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar dan tak jauh dari Kintamani. Selain menyaksikan keseharian penduduk desa, Anda bisa mempelajari kebudayaan Bali tempo dahulu. Jangan lupa untuk berfoto karena setiap sudut desa ini tampak asri, sejuk, nyaman, dan damai.

Pura Tirta Empul

Tak hanya pantai, Bali juga menyimpan banyak eksotisme lain berupa bangunan pura. Salah satu yang terkenal adalah Pura Tirta Empul yang terletak di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Sesuai namanya, tempat ini merupakan sumber mata air suci bagi masyarakat Hindu yang keluar dari 30 titik pancuran.

Buka dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore waktu setempat, lokasi wisata ini menyajikan keindahan dan sejarah panjang salah satu pura tertua dan tersibuk di Bali. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp7.500,00 untuk anak-anak dan Rp15.000,00 untuk dewasa.

Pura Taman Ayun

Keunikan lokasi wisata yang terletak di Mengwi, Kabupaten Badung, ini adalah bangunan candinya yang seolah mengapung karena di sekelilingnya terdapat sebuah kolam besar. Dahulu, pura ini berfungsi sebagai tempat anggota keluarga kerajaan bersantai dan beristirahat.

Anda bisa datang ke pura ini dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00 per orang dan parkir Rp2.000,00. Di dalamnya, Anda akan disuguhi pemandangan berupa bangunan yang anggun dan megah serta taman yang tertata dengan sangat cantik.

Pura Ulun Danu

Meski tidak setenar pura lainnya, Pura Ulun Danu layak disinggahi bila Anda berlibur di Bali. Objek wisata ini terletak di dataran tinggi Bedugul, Kabupaten Tabanan. Uniknya, selain terdapat lima pura yang merupakan tempat ibadah umat Hindu, di area ini juga terdapat satu stupa Buddha.

Dari Kota Denpasar, Anda membutuhkan waktu hampir dua jam untuk sampai di Pura Ulun Danu. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00 per orang, Anda bisa merasakan suasana religius sekaligus menikmati udara segar dan cantiknya Danau Bratan dari pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.

Pulau Penyu

Jika berlibur bersama anak-anak ke Pulau Bali, Anda harus memasukkan Pulau Penyu ke daftar objek wisata yang wajib dikunjungi. Pulau yang termasuk wilayah Kabupaten Badung ini merupakan tempat konservasi penyu sehingga menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang sangat menarik.

Untuk sampai ke Pulau Penyu, Anda terlebih dahulu harus memasuki kawasan Tanjung Benoa dengan membayar tiket masuk Rp10.000,00 (dewasa) dan Rp5.000,00 (anak). Setelah itu, Anda bisa menyewa glass bottom boat dengan membayar Rp350.000,00 untuk 10 orang menuju area konservasi.

Taman Nasional Bali Barat

Menjelajah Taman Nasional Bali Barat adalah alternatif lain menikmati keindahan Bali. Di taman nasional yang diresmikan tahun 1982 ini, Anda bisa puas menikmati bentang alam berupa hutan, gunung, pulau, perairan, juga melihat beragam jenis flora dan fauna langka.

Taman Nasional Bali Barat masuk dalam wilayah Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Letaknya sekitar 60 km dari Kota Denpasar (sekitar 3 jam perjalanan) atau 2 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Harga tiket masuk ke kawasan ini sangat murah, yaitu hanya Rp2.500,00 per orang.

Ada banyak spot wisata yang bisa Anda datangi di taman seluas lebih dari 77 ribu hektar ini. Anda bisa menyeberang ke Pulau Menjangan, surganya para penyelam, untuk snorkeling dan diving; menyaksikan eloknya jalak Bali di Teluk Brumbun; atau berendam air panas di Banyuwedang.

Rasanya, tak pernah cukup waktu untuk menjelajahi eksotisme Bali. Setiap sisinya menawarkan keindahan alam dan budaya yang terlalu sayang jika dilewatkan. Semoga ulasan tentang kelima belas tempat wisata di Bali ini bisa menjadi referensi Anda sebelum terbang ke Pulau Dewata.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *